Diklat Implementasi Kurikulum 2013


1. PENDAHULUAN
Materi Pelatihan dalam bentuk SOP ini disiapkan untuk digunakan para Pelatih dan Peserta Pelatihan apakah sebagai Nara Sumber Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 sesuai dengan kelas, mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Nara Sumber yang dimaksudkan adalah Nara Sumber Nasional, Instruktur Nasional, Guru Inti, Kepala Sekolah i, dan Pengawas Inti. 
Materi ini memberi panduan bagi para pengguna mengenai (1) Tahapan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; (2) Struktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; (3) Panduan Narasumber; (4) Panduan Penilaian; (5) Bahan/Materi Pelatihan untuk masing-masing tema. Bahan/Materi Pelatihan yang dimaksud meliputi dokumen-dokumen, handouts, lembar kerja/worksheet, bahan tayang baik dalam bentuk slide power point maupun rekaman video.
Sesuai dengan Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) telah menetapkan jenjang atau tahapan pelatihan, sasaran pelatihan, dan struktur pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk tahun kalender 2013.


TUJUAN
Tujuan umum Diklat Implementasi Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola perubahan, bertindak sebagai pemimpin perubahan dan menciptakan budaya sekolah yang bermutu dalam rangka menjamin terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
Tujuan khusus diklat ini adalah:
1.    Memahami konsep pengembangan Kurikulum 2013 dengan pendekatan kompetensi sesuai dengan kebijakan dan pembaharuan kurikulum dari berbagai aspek;
2.    Mengelola perubahan dari kurikulum lama kepada kurikulum baru;
3.    Meningkatkan kemampuan bertindak sebagai pemimpin perubahan yang berfokus pada pembelajaran
4.    Mampu membangun budaya sekolah dalam rangka meningkatkan mutu secara berkelanjutan
meningkatkan kemampuan dalam mengelola implementasi Kurikulum 2013 secara komprehensif di sekolah




Untuk lebih lengkapnya Bapak/Ibu bisa langsung dapatkan filenya
disini



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Format Surat Kesalahan Nama Pada Raport dengan Ijazah

CONTOH SOAL PENJAS KELAS X PENJAS MID SEMESTER K13

PROGRAM KERJA SENI MUSIK ANGGKLUNG