Apa yang Seharusnya Dikuasai sebelum Melamar Kerja sebagai Programmer





1. Dasar-dasar Pemrograman
Berdasarkan pengalaman saya, banyak yang bisa membuat aplikasi (minimal CRUD), tetapi tidak paham benar dasar-dasar pemrogramannya. Contohnya seperti tipe data, belum paham perbedaan antara integer dan float. Dasar-dasar pemrograman ini meliputi tipe data, operasi matematika & logika, seleksi kondisi (if then else), perulangan, dan array. Minimal itu harus dipahami.

2. Algoritma Pemrograman
Sama seperti dasar pemrograman, banyak juga pelamar yang bisa membuat aplikasi, tapi tidak paham bagaimana algoritma di dalamnya. Yang dia tahu aplikasi dapat digunakan dengan baik. Tipe yang seperti ini biasanya melakukan copy-paste dari internet tanpa memahami isinya. Programmer yang seperti ini bisa saja hidup dalam belantara koding, tapi hanya bisa bertahan di aplikasi database yang proses bisnisnya tidak kompleks.

3. Dasar SQL, Join Table, dan Agregasi
Banyak yang bisa mengambil data, melakukan updating, dan menghapus data menggunakan queri SQL. Tapi banyak yang belum terbiasa (bahkan tidak tahu) dengan konsep JOIN dan Agregasi. Join adalah menggabungkan beberapa tabel, sedangkan agregasi adalah fungsi yang banyak digunakan untuk reporting (SUM, COUNT, AVERAGE, dll). Kedua konsep ini cukup penting dan banyak digunakan, jadi sebaiknya kamu memahaminya.

4. Konsep Arsitektur Server-Client dan Perbedaan Server-side Script dengan Client-side Script
Di jaman internet seperti ini, dengan banyaknya aplikasi web dan mobile, programmer harus benar-benar memahami konsep arsitektur server-client. Masih banyak yang bingung penerapannya, karena pada saat kuliah hanya menggunakan local host. Pahami juga perbedaan script untuk server dan client, karena 2 hal ini berbeda. Bahkan sekarang banyak perusahaan yang memisahkan front-end dengan back-end programmer.

5. Konsep OOP dan MVC
Saat ini, paradigma pemrograman OOP wajib dipahami oleh programmer. Begitu pula dengan konsep MVC. Hampir semua pembuatan aplikasi menggunakan kedua konsep ini.'

6. Good Added Value: Version Control & ORM
Nah, poin terakhir ini kalo kamu juga menguasainya, merupakan nilai tambah yang sangat bagus. Sekarang sudah hampir semua software development menggunakan version control, khususnya Git. Dan untuk memudahkan akses ke database, biasanya menggunakan ORM, Object Relational Mapping.

Bagi saya konsep-konsep di atas yang penting untuk dikuasai sebelum melamar pekerjaan sebagai programmer. Untuk hal-hal lain seperti penguasaan framework & teknologi, pemahaman proses bisnis, dll itu dapat dikembangkan sambil bekerja nantinya. Jadi jangan terbalik, mempelajari berbagai macam tools dan teknologi, tapi konsep fundamentalnya belum menguasai.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Format Surat Kesalahan Nama Pada Raport dengan Ijazah

CONTOH SOAL PENJAS KELAS X PENJAS MID SEMESTER K13

PROGRAM KERJA SENI MUSIK ANGGKLUNG