PROGRAM KERJA SENI MUSIK ANGGKLUNG


Hasil gambar untuk ANGKLUNG




PROGRAM KERJA SENI MUSIK ANGGKLUNG

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Dasar Pemikiran
kreatifitas adalah bentuk luapan rasa atau jiwa yang dimiliki manusia. Kreatifitas ini adalah hasil dari suatu eksplorasi rasa akan momentum atau pengalaman individu seseorang. Olah rasa ini kemudian mengasah kepekaan manusia terhadap lingkungan dan dirinya. Kritik social, politik dan budaya adalah sebagian dari perwujudannya. Akan tetapi hakekat kreatifitas ini adalah sebuah anugrah sang pencipta yaitu daya cipta, sehingga selayaknyalah apabila kreatifitas kemudian dijadikan pula sebagai perwujudan rasa syukur manusia kepada sang pencipta.
Sejalan dengan pemikiran tersebut, perlu ditingkatkan intensitas pembinaan kegiatan kesiswaan melalui ekstrakurikuler sebagai aktualisasi dan optimasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh siswa dari proses pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran atau bidang studi.
Proses kreatif atau inovasi merupakan sebuah kemampuan manusia untuk berkehidupan lebih baik. Proses pemunculan pemikiran yang terjadi pada manusia untuk meningkatkan efisien daya cipta manusia, proses-proses itu akan mengungkapkan dan melahirkan suatu inovasi.
Seni musik adalah salah satu wujud dari pembelajaran seni kreatif. Melalui seni ini, Seseorang diharapkan untuk mampu menghasilkan karya seni serta kepekaan terhadap lingkungan semesta, baik semesta sosial, semesta alam, dan semesta individualistic. Perwujudan kreatifitas siswa dalam menciptakan sebuah karya adalah bervariasi, sesuai dengan daya kreasi ciptanya itu sendiri. Karya-karya itu dapat memainkan alat music daerah dan lain sebagainya. Melalui seni musik, kita belajar untuk mengeksplor daya kreatif, mengembangkan rasa cinta dalam menghasilkan karya yang lebih baik. 

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi media untuk membina siswa untuk mengembangkan daya kreasinya adalah seni musik, disamping mengasah kemampuan daya cipta, seni musik juga adalah salah satu program untuk mengembangtumbuhkan kepekaan estetik siswa siswi SDN__________________________KEC___________________yang pada gilirannya dapat mempengaruhi perkembangan “kecerdasan nalar”, selain kecerdasan emosi, sosial, spiritual, bahasa, dan motorik serta sebagai materi bidang studi Seni Budaya (Seni musik).

1.2. Landasan Program
  1. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
1.3. Tujuan dan Sasaran Program
Kegiatan ekstrakurikuler seni musik bertujuan agar:
  1. Siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran,  menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya dalam arti:
    1. beriman dan bertaqwa terhadap Alloh SWT
    2. berbudi pekerti luhur
    3. memiliki pengetahuan dan ketrampilan
    4. sehat jasmani dan rohani
    5. berkepribadian yang mantap dan mandiri
    6. memiliki rasa tanggung jawab bermasyarakat dan berbangsa
    7. Mengembangtumbuhkan kepekaan estetik siswa siswi SDN _________KEC ________ yang pada gilirannya dapat mempengaruhi perkembangan “kecerdasan nalar”, selain kecerdasan emosi, sosial, spiritual, bahasa, dan motorik serta sebagai materi bidang studi Seni Budaya (Seni musik).
    8. Eksistensi siswa di bidang seni musik baik dalam lingkup internal SDN _______________KEC.____________      dan Eksternal Sasaran program kegiatan ekstrakurikuler adalah: Siswa SDN _____________________________


BAB II
PROGRAM KERJA SENI MUSIK ANGKLUNG

2.1. Program Kegiatan
NO
KEGIATAN
BULAN
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
7
1
Orientasi kepada siswa sasaran, koordinasi dengan waka kesiswaan












2
Pendaftaran tim/kelompok grup music












3
Pembinaan Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan danMengidentifikasi elemen-lemen musik, Irama, tempo, nada, diamika dari beragam lagu nusantara.












4
Pembinaan Mengidentifikasikan  lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya dan












5
Menuliskan/mengutarakan keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang di dengar












6
Pembinaan dalam Menuliskan pola irama, nada, dinamika lagu etnik Nusantara












7
Menuliskan jenis-jenis pola irama untuk mengiringi lagu etnik Nusantara












8
Menggabungkan elemen-elemen musik melalui alat musik.












9
Koordinasi dengan intansi-intansi yang terkait dengan kegiatan seni musik siswa













2.2.Fasilitas yang dibutuhkan
No
Fasilitas
Keterangan
1
Tempat/Ruang pertemuan
Sesuai kebutuhan
3
Buku landasan teori penelitian
Sesuai kebutuhan
2.3  Target kegiatan per semester                                
No
Uraian
1
Internal: Penampilan seni musik (pengisi acara perpisahan sekolah)
2
Eksternal: Pengiriman delegasi (festival, parade, atau event di luar sekolah)


BAB III
PENUTUP
Demikian program Ekstrakurikuler seni musik ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan baik dari segi materi maupun non materi.
Akhirnya kami berharap semoga apa yang telah direncanakan ini dapat terlaksana serta berjalan dengan baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua.



 mudah-mudahan bisa bermanfaat kurang dan lebihnya kami ucapkan banyak-banyak terimakasih atas kunjungan sobat
salam Campur Aduk File

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Format Surat Kesalahan Nama Pada Raport dengan Ijazah

CONTOH SOAL PENJAS KELAS X PENJAS MID SEMESTER K13